Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi X DPR Minta Pemerintah Perketat Pengawasan Tur Belajar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 15 Mei 2024, 18:37 WIB
Komisi X DPR Minta Pemerintah Perketat Pengawasan Tur Belajar
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih/Istimewa
rmol news logo Pemerintah diminta untuk memperketat pengawasan terhadap kegiatan study tour (tur belajar) yang sudah menjadi kegiatan "wajib" di sekolah-sekolah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, menyusul tragedi kecelakaan bus yang membawa siswa SMK Lingga Kencana Kota Depok saat melakukan kegiatan ke Ciater, Subang, Jawa Barat, baru-baru ini.

“Perlu dievaluasi menyeluruh mengenai tujuan, manfaat, dan kelayakan program yang sudah menjadi agenda tahunan di sekolah tersebut,” kata Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/5).

Untuk itu, selain menyampaikan belasungkawa kepada para keluarga korban tragedi kecelakaan tersebut, dirinya mendesak pihak yang bertanggung jawab dihukum sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Ia pun meminta pemerintah pusat dan daerah untuk mengevaluasi kegiatan tur belajar agar lebih terarah dan sesuai dengan asas, tujuan, dan kemanfaatan dalam Pendidikan para siswa.

“Kegiatan ini tentu berbiaya besar dan bisa memberatkan bagi orangtua/wali siswa, kemudian ada faktor kelayakan dan keamanan yang harus dipenuhi dalam perjalanan tur jarak jauh tersebut,” tuturnya.

“Misalnya perjalanan tur ke museum, pusat konservasi alam, atau instansi yang memberi edukasi dalam bidang-bidang tertentu,” imbuh politikus fraksi PKS ini.

Selain itu, kegiatan tur belajar yang bertujuan ke lokasi yang jauh, bahkan lintas provinsi dan lintas pulau, sebaiknya ditinjau ulang. Karena kegiatan tur belajar yang dilakukan di dalam kota juga dapat menjadi opsi yang menarik, selain lebih murah dan lebih singkat waktu tempuhnya.

“Tentu disesuaikan dengan tujuan dan manfaat yang mau diambil, karena kemungkinan besar masih banyak potensi di sekitar kota atau kabupaten sesuai domisili sekolah yang dapat menambah wawasan bagi siswa,” sebut mantan Kepala Sekolah di suatu SMK di daerah Tegal tersebut.

Dengan begitu, sebenarnya kegiatan tur belajar dalam kota  juga dapat membantu meningkatkan perekonomian UMKM di wilayah asal/domisili sekolah tersebut.

“Wawasan siswa juga tetap diperkaya melalui pengenalan potensi alam, ekonomi, sosial, dan budaya di daerahnya sendiri," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA