Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Naik Status, Menko Airlangga Hari Ini Terima Peta Jalan Keanggotaan OECD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 02 Mei 2024, 13:34 WIB
Naik Status, Menko Airlangga Hari Ini Terima Peta Jalan Keanggotaan OECD
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Paris, Prancis/Ist
rmol news logo Keanggotaan Indonesia di The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tinggal selangkah lagi.

Hari ini, Indonesia akan menjadi negara di Asia Tenggara pertama menerima Peta Jalan Aksesi Indonesia pada Keanggotaan OECD. Peta jalan ini menandai kenaikan status Indonesia sebagai negara aksesi (accession country).

Penyerahan peta jalan akan dilakukan Sekjen OECD kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mewakili Presiden Joko Widodo di Paris, Kamis (2/5).

"Proses awal aksesi berlangsung tergolong cepat sejak penyampaian surat minat sebagai anggota OECD pada Juli 2023. OECD sepakat membuka diskusi aksesi dengan Indonesia secara resmi pada Februari 2024 atau dalam waktu hanya tujuh bulan," kata Airlangga.

OECD didirikan sejak 1961 dalam upaya mendorong kemajuan ekonomi dan perdagangan dunia. OECD juga menjadi forum bagi negara-negara yang berkomitmen terhadap pelaksanaan demokrasi dan ekonomi pasar, saling bertukar pengalaman kebijakan, membangun solusi masalah-masalah umum, dan mengembangkan praktik-praktik baik.

Saat ini OECD beranggotakan 38 negara. Mayoritas anggota adalah negara berpenghasilan tinggi dengan peringkat "sangat tinggi" dalam Indeks Pembangunan Manusia, dan dianggap sebagai negara maju. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA