Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Minta Pengusaha Siapkan Jaminan Masa Tua Buruh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 01 Mei 2024, 10:50 WIB
Puan Minta Pengusaha Siapkan Jaminan Masa Tua Buruh
Ketua DPR RI Puan Maharani/Ist
rmol news logo Dalam peringatan Hari Buruh Internasional diingatkan pentingnya perlindungan dan mendorong terciptanya keadilan bagi semua buruh.

“Perlindungan dan keadilan bagi buruh harus menjadi perhatian kita bersama. Karena buruh atau pekerja memiliki peran besar untuk negara," kata Ketua DPR RI Puan Maharani, Rabu (1/5).

Menurut Puan, buruh bukan hanya sebagai penggerak ekonomi,  namun uga pelaku utama pembangunan.

Mantan Menko PMK itu menilai, perlindungan terhadap buruh sangat penting di tengah banyaknya tantangan global saat ini. Salah satunya adalah mengenai tingkat pengangguran global yang kian mengkhawatirkan.

“Jika tidak ada perbaikan, jumlah pengangguran yang terus meningkat dapat menjadi masalah pembangunan yang serius,” kata Puan.

Terkait perlindungan buruh, Puan menilai hal tersebut dapat mengurangi kesenjangan sosial yang terus meningkat. Menurutnya, perlindungan bagi buruh tidak cukup hanya dengan jaminan kesehatan dan upah dari pemberi kerja.

“Pemerintah harus bisa memastikan pemberi kerja disiplin menyiapkan perlindungan jaminan masa tua untuk buruh atau pekerja,” kata Puan.

Puan juga mendorong pemberi kerja untuk memberikan kesejahteraan tambahan kepada buruh, misalnya dengan bonus untuk pekerja yang berprestasi.

“Awareness pemberian bonus bagi pekerja harus semakin ditingkatkan. Tak hanya sekadar pemberian THR yang memang sebuah kewajiban dari pemberi kerja, tapi juga harus ada bentuk-bentuk penghargaan lainnya,” tutup Puan.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA