Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mayoritas Warga Batam Ingin Sosok Ini Jadi Walikota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Selasa, 26 Maret 2024, 22:46 WIB
Mayoritas Warga Batam Ingin Sosok Ini Jadi Walikota
Slide presentasi hasil survei Konsepindo tentang elektabilitas kandidat Pilkada Batam 2024.
rmol news logo Terbuka lebar peluang Marlina Agustina menjadi Walikota Batam periode 2024-2029. Survei Konsepindo memotret tingkat keterpilihan atau elektabilitas Marlina paling tinggi dibandingkan nama-nama lain yang sejauh ini digadang-gadang maju Pilkada Batam 2024.

“Berdasarkan temuan survei kami per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai Cawalkot Batam 2024 dengan elektabilitas sebesar 38,9 persen,” kata Peneliti Konsepindo, Aldo Serena,  dalam keterangan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Selasa (26/3).

Marlina Agustina merupakan istri Walikota Batam yang juga ketua DPW Nasdem Kepri Muhammad Rudi. Pada Pilkada Kepri 2020, Marlina diusung Partai Nasdem dan terpilih menjadi wakil gubernur mendampingi Ansar Ahmad dari Golkar. Namun sejak awal Desember lalu Marlina memilih bergabung dengan Partai Gerindra, dan menjadi penasihat Tim Kampanye Prabowo-Gibran di Kepri.

Adapun survei Konsepindo dilakukan melalui tatap muka secara langsung terhadap 600 responden yang merupakan warga kota Batam yang memiliki hak pilih atau berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Sampel survei dipilih lembaga riset yang terdaftar di KPU sebagai penyelenggara survei dan quick count Pemilu 2024 dan merupakan anggota Persepi, asosiasi lembaga survei terbesar di Indonesia itu menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error +/- 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Satu-satunya bakal kandidat yang menjadi pesaing kuat Marlina adalah Amsakar Achmad.  Elektabilitas Wakil Wali Kota Batam petahana itu terpaut 7 persen dari Marlina.

“Di bawahnya ada Amsakar Achmad dengan elektabilitas 31,1 persen. Sementara nama-nama lainnya masih di bawah 4 persen,” kata Aldo Serena lagi.

Bukan mengejutkan Marlin Agustina muncul menjadi kandidat terkuat untuk Pilkada Batam 2024. Marlin diketahui rajin turun ke masyarakat. Ia juga cukup aktif bergerak dalam aktivitas pemberdayaan perempuan dan keluarga. Posisinya sebagai Ketua Penggerak PKK Kota Batam membuatnya dekat dengan para ibu.

Saat yang sama, dalam kapasitasnya sebagai istri Muhammad Rudi, walikota Batam yang sangat populer, Marlin sering turun bersama menyaksikan langsung perencanaan, pelaksanaan dan peresmian pembangunan Kota Batam yang begitu pesat.

“Tak bisa dibantah, posisi Marlin Agustina seperti itu adalah modal kuat dan merupakan keunggulan nyata jika dibanding pesaingnya,” kata Aldo.

Pengalaman Marlin Agustina menjadi Wagub Kepri dan perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo-Gibran menang telak di Kepri pada pilpres 2024 menjadi modal bagi Marlin untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Sementara Amsakar Ahmad bakal kesulitan meningkatkan elektabilitas. Sosialisasi yang lalu-lalu dilakukan Amsakar mudah dikesampingkan karena konsentrasi warga Batam yang lebih fokus ke urusan pilpres dan pileg.

“Jika terus konsisten bergerak dan berhasil meyakinkan publik maka probabilitas Marlina memenangkan Pilkada Batam cukup tinggi,’ demikian kata Aldo Sera. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA