Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nyepi dan Ramadan yang Bersamaan Momen Memupuk Toleransi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 11 Maret 2024, 17:11 WIB
Nyepi dan Ramadan yang Bersamaan Momen Memupuk Toleransi
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Istimewa
rmol news logo Hari Raya Nyepi yang bersamaan dengan awal bulan suci Ramadan merupakan momentum untuk memupuk nilai-nilai toleransi beragama.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, kerukunan antarumat beragama harus terus dipupuk dengan memperkokoh landasan toleransi, dengan menumbuhkan sikap saling menghormati terhadap hak dan kewajiban setiap warga negara.

"Pelaksanaan acara keagamaan yang berbeda dan terjadi dalam waktu yang bersamaan merupakan bagian dari momentum untuk memupuk nilai-nilai toleransi dan saling menghormati setiap anak bangsa dalam upaya mewujudkan kerukunan sesama umat beragama di tanah air," ucap politikus yang akrab disapa Reri ini melalui keterangannya di Jakarta, Senin (11/3).

Sikap menghormati antarsesama manusia, lanjut politikus Partai Nasdem ini, merupakan sebuah kewajiban dalam proses berbangsa dan bernegara. Dengan keberagaman di berbagai bidang yang dimiliki oleh Indonesia, dia yakin hal tersebut bisa menumbuhkembangkan nilai-nilai toleransi.

Menurut Reri, kebhinekaan yang ada di tanah air harus mampu dimanfaatkan sebagai bagian dari kekuatan yang kita miliki. Dalam proses membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik, beragam potensi dan sumber daya yang berbeda-beda perlu menjadi satu kekuatan.

Untuk itu, setiap warga negara dapat berkontribusi positif dalam proses pembangunan di berbagai bidang untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang lebih merata seperti diamanatkan konstitusi.

Dia pun berharap setiap anak bangsa bisa terus meningkatkan pengetahuan untuk mewujudkan kerukunan antarsesama dalam setiap aktivitas keseharian. Sehingga ketaatan setiap umat beragama dalam menjalankan ibadah dapat memperkokoh persatuan dan persaudaraan seluruh anak bangsa di Indonesia.

"Selamat Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim di tanah air," demikian Reri. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA