Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komposisi Kursi Berubah, Koalisi Pilpres dan Pilkada Bisa Berbeda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 07 Maret 2024, 11:10 WIB
Komposisi Kursi Berubah, Koalisi Pilpres dan Pilkada Bisa Berbeda
Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli/Net
rmol news logo Pembentukan koalisi sering menjadi strategi yang dilakukan partai politik untuk memperoleh kekuatan politik dalam memenangkan pemilihan umum.

Namun, menurut Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli, koalisi yang dibentuk dalam Pilpres kemungkinan akan berbeda dengan koalisi yang terbentuk dalam Pilkada.

"Ada kemungkinan koalisi baru karena komposisi kursi anggota dewan berubah di DPRD," kata Taufik kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/3).
 
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu menuturkan, pada dasarnya koalisi dalam pilpres dan pilkada memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memenangkan kekuasaan.

Meskipun begitu, sosok yang akrab disapa MTZ itu menyebut ada faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan koalisi dalam kedua konteks ini bisa berbeda.

"Kita lihat dari hasil pileg nanti ya. Untuk Pilkada Jakarta liat komposisi suara PKS berapa, Nasdem berapa, nanti yang akan membentuk bakal Cagub Jakarta," tandas Taufik.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA