Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Unggul di 4 Negara, Anies di Maroko, Ganjar di Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 29 Februari 2024, 08:35 WIB
Prabowo Unggul di 4 Negara, Anies di Maroko, Ganjar di Australia
Ketua KPU RI Hasyim Asyari memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu Serentak 2024/RMOL
rmol news logo Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilpres 2024 di 6 negara, rampung dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Rabu malam (28/2).

Enam Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) membacakan hasil rekapitulasi dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Peserta Pemilu 2024 Tingkat Nasional, di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 4 negara.

Terlihat dari PPLN pertama yang membacakan hasil, adalah Athena. Dimana, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 659 suara, dari total 1.012 pemilih yang berpartisipasi.

Sedangkan, di wilayah pemilihan Yunani itu pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) hanya mendapat 98 suara.

Adapun pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 233 suara. Dari hasil itu, total suara sah pilpres di Athena 990 dan tidak sah 22 suara.

PPLN kedua yang membacakan hasil perolehan suara 3 pasangan capres-cawapres adalah Perth, Australia. Dimana, wilayah ini diungguli pasangan Ganjar-Mahfud, dengan jumlah pemilih 3.489 dari total DPT 6.450 orang.

Disebutkan, perolehan suara Ganjar-Mahfud di Perth mencapai 1.600 suara. Sementara, Prabowo-Gibran 1.137 suara. Adapun Amin hanya memperoleh 708 suara. Dari hasil itu, total suara sah 3.445, dan suara tidak sah 44.

Kemudian daerah pemilihan luar negeri ketiga yang direkap KPU RI dibacakan PPLN Manila, Filipina, dengan jumlah pemilih 944 orang. Dimana hasilnya, Prabowo-Gibran unggul lagi dengan perolehan 478 suara.

Namun, pasangan Ganjar-Mahfud jadi peraih suara terbanyak kedua, dengan memperoleh 353 suara. Untuk Amin, sangat sedikit mendapat dukungan di Manila, yakni hanya mendapat 84 suara. Sehingga, total suara sah 915 dan tidak sah 29 suara.

Kendati begitu, Anies-Muhaimin berhasil mendapat perolehan suara lebih banyak di wilayah PPLN Rabat, Maroko, dengan memperoleh 188 suara dari total 327 pemilih yang terlibat.

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran di Rabat, Maroko hanya mendapat 78 suara. Kemudian pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh 52 suara. Sehingga, total suara sah 318 dan 9 suara tidak sah.

Tetapi, dari rekapitulasi hasil pilpres yang diselenggarakan PPLN Praha, Republik Ceko yang melibatkan total 369 pemilih, Prabowo-Gibran kembali unggul dari dua lawannya. Tercatat, pasangan yang diusung Partai Gerindra, Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB, PSI, Garuda itu mendapat 185 suara.

Untuk pasangan Amin yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PKS hanya memperoleh 63 suara. Sementara perolehan Ganjar-Mahfud yang diusung PDIP, PPP, dan Hanura mendapat 112 suara. Sehingga, total suara sah di Ceko 360 dan suara tidak sah 9.

Wilayah pemilihan luar negeri yang terakhir dibacakan KPU RI hingga pukul 12 malam adalah yang digelar PPLN Tokyo, Jepang, dengan jumlah pemilih terlibat 16.911 dari total DPT 29.434 pemilih.

Hasilnya, di Tokyo dimenangkan Prabowo-Gibran, dengan perolehan 9.939 suara. Sedangkan, pasangan Amin mencatat suara terbanyak kedua, dengan perolehan 4.180 suara. Adapun pasangan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 2.612 suara. Sehingga, total suara sah 16.731 dan suara tidak sah 180. rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA