Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahri Hamzah: Rakyat Ingin Oposisi Tetap Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 19 Februari 2024, 01:16 WIB
Fahri Hamzah: Rakyat Ingin Oposisi Tetap Kuat
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah/RMOL
rmol news logo Di tengah maraknya isu rekonsiliasi antara kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang disponsori oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, harapan adanya oposisi juga mengemuka.

Adanya oposisi dianggap sebagai penyempurna sistem demokrasi agar terciptanya check and balances dalam pemerintahan ke depan.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah menghendaki adanya sistem tersebut layaknya di Amerika Serikat (AS).
 
“Di Amerika, jika seorang presiden dari partai demokrat terpilih, maka kongres biasanya Dimenangkan oleh partai republik,” kata Fahri dalam akun media X pribadinya @Fahrihamzah, Minggu (18/2).

Dia merujuk negeri Paman Sam itu sebagai negara yang memiliki sistem demokrasi yang mapan. Sementara Indonesia masih proses menuju kemapanan sistem demokrasi tersebut.

“Dan sebaliknya. Jika gambaran itu ada di negara kita maka kematangan rakyat dalam demokrasi nampak. Rakyat ingin oposisi tetap kuat. #DemokrasiKita,” tambahnya.

Berbagai analisis politik mendorong agar kubu 01 yang dimotori oleh Partai Nasdem bersama PKS dan PKB, serta kubu 03 yang dimotori PDIP tetap berdiri sebagai oposisi dalam pemerintahan mendatang jika dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA