Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambangi Walhi, Ganjar Bahas Masalah Strategi Peningkatan Manfaat SDA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 09 Februari 2024, 09:18 WIB
Sambangi Walhi, Ganjar Bahas Masalah Strategi Peningkatan Manfaat SDA
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat berkunjung ke kantor Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan/Ist
rmol news logo Berbagai masukan diterima Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat berkunjung ke kantor Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kedatangan Ganjar langsung disambut oleh jajaran eksekutif nasional Walhi. Mereka melanjutkan diskusi secara tertutup.

Dalam diskusi itu, Ganjar mengatakan menerima beberapa masukan dari Walhi, salah satunya terkait tata kelola lingkungan di tengah perubahan iklim serta strategi meningkatkan manfaat sumber daya alam untuk masyarakat sekitar.

"Banyak akses dari masyarakat yang semakin hari semakin menurun, pertambangan, perkebunan, yang menjadi tidak terasa adil karena masyarakat yang ada di sekitarnya tidak bisa mengakses," ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (9/2).

Ganjar pun berkomitmen untuk mengulas kembali regulasi dan kebijakan yang ada, untuk meningkatkan potensi alam tanpa merusak lingkungan serta melibatkan masyarakat sekitar.

"Bayangkan kalau SDM kita siapkan dengan baik, dan itu kita kelola dengan baik, alamnya terjaga dengan baik, nilai tambahnya ada di masyarakat. Jadi harapannya ada di situ," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Walhi, Zenzi Suhadi mengapresiasi kunjungan Ganjar untuk berdialog.

Zenzi berharap Ganjar kelak bisa memanfaatkan sumber daya alam tanpa merugikan masyarakat sekitar. Dia menyebut, perlu ada ada tata kelola sumber daya alam yang baik untuk mengatasi hal tersebut.

"Saat ini juga Walhi tadi mendiskusikan dengan Pak Ganjar jalan keluar bagi Indonesia, karena selama ini persoalan lingkungan, persoalan sosial itu muncul karena negara mengedepankan pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA