Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DEBAT PILPRES 2024

Cak Imin: Libatkan Masyarakat Adat saat Ambil Keputusan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 21 Januari 2024, 20:51 WIB
Cak Imin: Libatkan Masyarakat Adat saat Ambil Keputusan
Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar/RMOL
rmol news logo Menghormati masyarakat adat bukan memakai pakaian adat saat Hari Kemerdekaan RI, tapi melibatkan dan memberikan ruang bagi masyarakat adat untuk ikut mengambil keputusan.

Begitu yang disampaikan Cawapres Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, saat merespon jawaban Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD, terkait tema masyarakat adat, dengan subtema pertanyaan tentang strategi memulihkan hak-hak masyarakat adat.

Cak Imin mengatakan, salah satu upaya agar tidak terjadi konflik antara proyek pembangunan nasional terutama Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan masyarakat adat, harus betul-betul melibatkan masyarakat adat.

"Menghormati masyarakat adat bukan memakai pakaian adat setahun sekali saat 17 Agustus, bukan, tapi memberi ruang hak ulayat mereka, hak budaya mereka, hak spiritual mereka, hak dan kewenangan mereka untuk menentukan cara membangun," kata Cak Imin, dalam debat Cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu malam (21/1).

Dengan cara penghormatan seperti itu, kata dia, jika berjalan lancar, maka problem-problem bisa diatasi dengan baik.

"Karena itu, dalam catatan saya, terpaksa saya catat supaya tidak salah, karena ini bagian dari agar kita tidak salah jalan di dalam melaksanakan pembangunan kita," pungkas Cak Imin.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA