Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fenomena Pengungsi Rohingya

Din Syamsuddin: Warga Aceh Jadilah Kaum Anshar yang Menerima Kaum Muhajirin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 29 Desember 2023, 19:57 WIB
Din Syamsuddin: Warga Aceh Jadilah Kaum Anshar yang Menerima Kaum Muhajirin
Prof. Din Syamsuddin/Ist
rmol news logo Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Din Syamsuddin menitipkan pesan kepada warga Aceh dalam menyikapi fenomena pengungsi Rohingya.

Din Syamsuddin menuturkan, para pengungsi Rohingya adalah kaum mazhlumin yang terusir dari kampung halaman mereka oleh Rezim Militer Myanmar. Mereka teraniaya dan menderita karena harus mengarungi lautan luas untuk mencari perlindungan dan keselamatan.

“Maka, adalah kewajiban keagamaan bagi kita untuk membantu mereka,” ucap Din Syamsuddin dalam keterangannya, Jumat (29/12).

Din Syamsuddin berharap warga Aceh agar meniru Kaum Anshar saat menerima dengan hangat kedatangan Kaum Muhajirin ketika zaman Rasulullah SAW.

“Saudara-Saudaraku Kaum Muslimin dan Muslimat di Aceh, jadilah bagaikan Kaum Anshar yang menyambut dan menerima Kaum Muhajirin waktu hijrah di Madinah dulu,” harapnya.

Di mata Din Syamsuddin, Aceh merupakan Darussalam atau Negeri Damai, yang diyakininya telah ditakdirkan Allah SWT menjadi tujuan Rohingnya.

“Ini adalah ujian sekaligus kesempatan beramal bagi Rakyat Aceh,” ucap mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Di akhir pesannya, Din Syamsuddin pun mengutip sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: “Perumpamaan Kaum Beriman itu bagaikan jasad yang satu, jika satu anggota jasad merasa sakit maka seluruh anggota yang lain merasa sakit pula.”rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA