Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Petani Pekalongan, Anies Tawarkan Konsep Contract Farming

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 24 Desember 2023, 12:30 WIB
Bertemu Petani Pekalongan, Anies Tawarkan Konsep <i>Contract Farming</i>
Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan menemui para petani di Desa Salakbrajo, Pekalongan, Minggu (24/12)/Ist
rmol news logo Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan menemui para petani di Desa Salakbrajo, Pekalongan, Minggu (24/12).

Dalam kesempatan tersebut, Anies mendengarkan keluhan dan aspirasi para petani. Utamanya, soal harga padi yang tidak stabil dan irigasi yang kerap bermasalah.

Menyikapi hal itu, Anies menawarkan konsep contract farming yang lebih menghadirkan keadilan sosial dan kesejahteraan. Konsep yang diusung Anies ini berbeda dengan yang ditawarkan paslon lain yakni food estate.

"Hari ini kita akan memulai (contract farming) di sini. Jadi petani-petani punya rasa tenang selama menanam sampai panen," ujar Anies.

Contract farming sendiri merupakan jaminan pembelian panen. Dengan begitu, Anies menggaransi para petani tidak perlu khawatir tentang hasil panennya nanti.

Anies menambahkan, konsep contract farming ini sukses diterapkannya saat memimpin Jakarta. Berbagai kelompok tani bekerja sama dengan BUMD DKI, untuk menjamin keamanan pasokan ke Jakarta.

Karena itu, Anies bertekad akan membawa cerita sukses ini untuk diterapkan di tingkat nasional begitu dirinya terpilih jadi presiden dalam pilpres 2024.

Selain contract farming, Anies juga menawarkan program untuk lansia. Seperti yang pernah dilakukannya saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta.

"Dulu kami di Jakarta ada Kartu Lansia. Program ini nantinya akan membantu lansia memenuhi kebutuhan dasarnya," tutup Anies.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA