Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Muhammadiyah: Sebagai Pendewasaan, Pernyataan Zulhas Harus Dilihat dari Banyak Sudut Pandang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 21 Desember 2023, 11:29 WIB
Pemuda Muhammadiyah: Sebagai Pendewasaan, Pernyataan Zulhas Harus Dilihat dari Banyak Sudut Pandang
Menteri Perdagangan RI yang juga Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Viralnya video berisi lelucon Menteri Perdagangan RI yang juga Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait penyebutan “aamiin” dan gerak telunjuk dalam shalat, seharusnya tidak ditafsirkan dalam satu sudut pandang saja.

Kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad, kelakar yang disampaikan Zulhas pada Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Kota Semarang, Jawa Tengah, adalah diskursus yang harus dibedah dari banyak sudut pandang.

"Karena sejatinya perlu dilihat dengan sudut pandang yang beragam, sekaligus sebagai proses pendewasaan beragama dan berpolitik," ujar Dzulfikar Ahmad dalam keterangannya, Kamis (21/12)

Disampaikan Dzulfikar,diskursus tersebut dapat dipahami dengan merujuk beberapa pandangan. Pertama, pernyataan itu tidak bisa langsung dikaitkan dengan agenda politik.

Kedua, lanjutnya, apa yang disampaikan oleh Zulhas pada kesempatan tersebut, sepenuhnya menceritakan pengalaman yang dijumpai dalam masyarakat, lalu  diungkapkan dalam sambutannya.

Ketiga, masih kata Dzulfikar, dalam hal menyampaikan apa yang didengar di lapangan, tidak bisa serta merta itu dianggap pendapat atau pandangannya pribadi.

"Apa lagi dikaitkan dengan diksi delik penistaan agama," kata Zulfikar menekankan.

Untuk itu, sambungnya, Pemuda Muhammadiyah menghimbau segenap anak bangsa untuk tidak menjadikan potongan video Zulhas sebagai polemik yang dapat berujung pada kegaduhan dan mengusik rasa  persaudaraan.

"Terlebih jika diskursus ini ditarik ke ranah politik dan pilpres," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA