Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kontras Kecam Tindakan Intimidatif terhadap Pengurus KAMMI dan Ketua BEM UGM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 19 Desember 2023, 13:41 WIB
Kontras Kecam Tindakan Intimidatif terhadap Pengurus KAMMI dan Ketua BEM UGM
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS)/Ist
rmol news logo Dugaan tindakan intimidatif oleh aparat kepada dua mahasiswa dikecam Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

"Kami mengecam keras segala bentuk intimidasi dan teror yang dilakukan oleh unsur negara kepada berbagai pihak menjelang Pemilu 2024," ujar Koordinator KontraS, Dimas Bagus Arya Saputra kepada wartawan, Selasa (19/12).

Dimas mengurai, setidaknya ada dua kejadian dugaan intimidatif yang dialami mahasiswa. Pertama, dialami Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI), Rizki Agus Saputra, pada 15 Desember 2023 lalu.

"Rizki mengaku dikeroyok tiga orang yang berseragam militer. Serangan ini diduga berelasi dengan aktivitasnya melaporkan kebocoran data kepada pimpinan KPU dan DKPP terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2024," katanya.

Selain itu, Dimas juga menyebutkan dugaan tindakan intimidatif oleh aparat yang baru-baru ini dialami Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM UGM), Gielbran Muhammad Noor.

"Dia mendapatkan serangkaian teror berupa didatangi intel ke kampus dan doxxing di media sosial mengenai latar belakang keluarganya. Hal tersebut dipicu oleh kritikan BEM UGM terhadap Presiden Joko Widodo sebagai alumnus yang paling memalukan," kata Dimas.

Dimas menegaskan, dugaan intimidasi dan teror seperti yang dialami dua mahasiswa tersebut sangat berbahaya bagi demokrasi serta hanya akan terus menggerus kebebasan sipil.

"Terlebih, menjelang hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 nanti, ruang pengawasan dalam kerangka check and balances seharusnya terbuka luas," demikian Dimas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA