Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TPDI: Isu HAM Tidak Menjadi Prioritas Capres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 14 Desember 2023, 20:04 WIB
TPDI: Isu HAM Tidak Menjadi Prioritas Capres 2024
Calon Presiden Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan dalam debat perdana di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12)/Repro
rmol news logo Debat antar Calon Presiden 2024 yang digelar perdana oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai belum mengupas tuntas persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus bahkan memandang, debat perdana yang digelar pada Selasa lalu (12/12) memperlihatkan para capres tidak memprioritaskan kasus HAM masa lalu.

"Persoalan pelanggaran HAM dan pengadilan HAM tidak akan menjadi prioritas, bahkan pelanggaran HAM akan semakin menjadi-jadi ke depannya," ujar Petrus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/12).

Ia lantas menyoroti manuver Capres Ganjar Pranowo yang mencecar Prabowo Subianto soal isu HAM. Menurutnya, Prabowo terlihat tidak siap dengan pertanyaan soal pelanggaran HAM dan pembentukan pengadilan HAM.

Padahal menurutnya, debat perdana yang digelar di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat itu bisa menjadi momentum Prabowo untuk menjelaskan secara logis terkait kasus pelanggaran HAM tahun 1997-1998 yang selama ini dikait-kaitkan dengannya.

"Itulah yang harus dijelaskan dalam debat kemarin. Namun Prabowo tidak menjawab tuntas substansi masalah pelanggaran HAM," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA