Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Kampanye Ikut Tentukan Panelis, Ini Kata KPU Potensi Soal Debat Bocor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 07 Desember 2023, 15:08 WIB
Tim Kampanye Ikut Tentukan Panelis, Ini Kata KPU Potensi Soal Debat Bocor
Ketua KPU RI, Hasyim Asyari/RMOL
rmol news logo Keterlibatan tim kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) dalam menentukan panelis debat, memunculkan potensi kebocoran soal.

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari mengatakan, panelis yang ditunjuk dan diusulkan tim kampanye kepada KPU, berwenang menyusun soal debat capres-cawapres.

Dia menjamin, meski ada panelis dari tim kampanye capres-cawapres, soal yang disusun terjamin kerahasiannya.

Hasyim beralasan, KPU telah membuka kepada publik dan termasuk pasangan capres-cawapres mengenai tema debat yang akan dilaksanakan sebanyak 5 kali.

"Intinya, semua tim pasangan calon sudah tau temanya, dan tentu yang akan disampaikan isu-isu aktual," ujar Hasyim kepada wartawan, Kamis (7/12).

Lebih lanjut, Anggota KPU RI dua periode itu memastikan, tema debat yang diangkat merupakan isu-isu umum terkait tugas presiden dan wakil presiden.

"Yang kira-kira akan menjadi ruang lingkup tugas dan tanggung jawabnya selama lima tahun ke depan," demikian Hasyim menambahkan.

Berikut ini tema debat dan pembagiannya yang akan diangkat:

- Debat 1: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga (capres)

- Debat 2: Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan (cawapres)

- Debat 3: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik (capres)

- Debat 4: Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan desa (cawapres)

- Debat 5: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi (capres). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA