Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Titipan, Publik Anggap Kaesang Masuk PSI karena Kemauan Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 16:50 WIB
Bukan Titipan, Publik Anggap Kaesang Masuk PSI karena Kemauan Sendiri
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep/RMOL
rmol news logo Keputusan Kaesang Pangarep bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diyakini bukan sepenuhnya berkat campur tangan Presiden Joko Widodo sebagai sang ayah.

Direkam dalam survei Indikator Politik Indonesia dalam rentang 2 sampai 10 Oktober 2023, publik yang menilai adanya campur tangan Presiden dalam keputusan Kaesang sebanyak 33,9 persen.

“Publik lebih banyak menganggap bergabungnya Kaesang ke PSI keputusan pribadi, angkanya mencapai 43,5 persen,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Jumat (20/10).

Indikator Politik juga memotret tingginya pengenalan publik terhadap Kaesang. Popularitas Kaesang mencapai sebesar 70,2 persen, dengan tingkat kedisukaannya mencapai 74,9 persen.

Tingginya popularitas Kaesang menjadikan dukungan untuk PSI terdongkrak. Apalagi, dari 56 persen masyarakat yang mengetahui Kaesang menjadi Ketum PSI, 59,6 persen di antaranya setuju.

“Bergabungnya Kaesang ke PSI ini sangat potensial mendongkrak dukungan terhadap PSI,"  tutupnya.

Dalam survei ini, Indikator Politik Indonesia mengangkat tema ‘Pergeseran Dukungan Partai dan Capres Jelang Pendaftaran Capres dan Cawapres 2024’. Survei ini dilakukan dalam rentang 2 sampai 10 Oktober 2023 melibatkan 1.200 responden dengan over sampel di 12 provinsi, sehingga totalnya menjadi 4.300 responden. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA