Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Ribuan Fatayat NU, Sekjen PBNU Bela Erick Thohir Soal Ziarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 01 Oktober 2023, 01:49 WIB
Di Hadapan Ribuan Fatayat NU, Sekjen PBNU Bela Erick Thohir Soal Ziarah
Menteri BUMN, Erick Thohir/Ist
rmol news logo Tudingan syirik dialamatkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir selepas melakukan ziarah kubur dan berdoa di makam KH Hasyim Asy'ari dan Presiden ke-6 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Kamis kemarin (28/9).

Akun media sosial milik Erick Thohir diserang oleh orang-orang yang tidak sepemahaman dengan tradisi ziarah kubur yang banyak dilakukan oleh ulama maupun pengikut Nahdlatul Ulama (NU).

Atas tudingan tersebut Saifullah Yusuf yang juga Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027 memberikan pembelaan.

Hal ini diungkapkan Saifullah Yusuf dalam acara Apel Akbar Fatayat NU yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/9).

Di hadapan sekitar 7.500 anggota Fatayat NU yang memenuhi JX Expo Surabaya, Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf mengatakan, "Erick Thohir Twitter-nya diserang, dianggap syirik, dianggap menyembah kuburan. Kemudian saya ditanya wartawan, pendapat bapak tentang Pak Erick Thohir yang keliling kuburan diserang dianggap syirik."

"Saya sampaikan kepada Pak Erick tidak usah putus asa, jalan terus, ikuti apa yang selama ini menjadi warisan kiai-kiai, ikuti Gus Mus, ikuti kiai kita yang memang banyak sekali yang membiasakan diri ziarah kubur," paparnya.

Gus Ipul menambahkan, ziarah kubur dilakukan agar bisa tetap tersambung dengan guru-guru kita.

"Kita kumpul di dunia, agar nanti kita bisa kumpul dengan guru-guru kita dan Rasulullah nanti di akhirat kelak," tutup Gus Ipul. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA