Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika PPP Gabung ke Demokrat, Kemungkinan Karena Restu Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 03 September 2023, 20:10 WIB
Jika PPP Gabung ke Demokrat, Kemungkinan Karena Restu Jokowi
Plt Ketum PPP Mardiono saat menyambangi Ketum PDIP Megawati Soekranoputri untuk menyatakan berkoalisi mendukung Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Restu Presiden Joko Widodo sangat penting bagi partai politik pendukung pemerintah untuk menentukan peta koalisi 2024.

PPP yang merupakan partai pendukung Presiden Jokowi bakal manut apa yang diperintahkan sang presiden. Termasuk soal pindah posisi untuk berkoalisi.

Menurut analis politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga, jika PPP berubah haluan, itu karena mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo.

“Bila PPP nantinya pindah haluan ke Demokrat dan PKS, besar kemungkinan itu karena restu Jokowi, bukan inisiatif PPP apalagi (plt) ketumnya,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (3/9).

Sementara itu, Sandiaga Uno menuturkan PPP belum melakukan komunikasi intensif lagi dengan seluruh kader kabah paska pecahnya koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Kemungkinan PPP bakal menggandeng Demokrat bisa saja, namun PPP masih melihat dan menganalisa dinamika politik yang terjadi saat ini.

"Tapi dari bappilu saya menyampaikan bahwa teman-teman ya tim baru bahwa jika ingin melihat ikan di dalam kolam tenangkanlah dulu airnya sebening kaca. Jadi karena politik ini sangat bergerak cepat sekali kita harus melihat dengan perspektif yang lebih jelas," demikian Sandiaga Uno di kawasan TMII, Jakarta Timur, Sabtu (2/9).
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA