Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Kritik Food Estate, Syahganda: Seperti Kata Hasto, Memang Kejahatan Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 26 Agustus 2023, 17:16 WIB
PDIP Kritik <i>Food Estate</i>, Syahganda: Seperti Kata Hasto, Memang Kejahatan Lingkungan
Direktur Sabang Merauke Circle Syahganda Nainggolan/RMOL
rmol news logo Pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut food estate merupakan proyek kejahatan lingkungan adalah benar adanya. Sebab, kerusakan alam di Kalimantan Timur akibat proyek food estate terjadi secara massal.

Demikian disampaikan Direktur Sabang Merauke Circle Syahganda Nainggolan, dalam sebuah podcast bersama Bambang Widjojanto bertajuk “Sekjen PDIP Sebut Prabowo Menyimpang Soal Food Estate” dikutip Sabtu (26/8).

“Soal food estate seperti yang disebut Hasto itu memang kejahatan lingkungan, karena apa? Karena menurut saya pemerintah itu tidak sungguh-sungguh mempersiapkan perencanaan food estate itu,” kata Syahganda.

Syahganda mengungkapkan sekitar 600 hektare dan ribuan pepohonan ditebang habis atas nama ketahanan pangan. Terlebih, kondisi tanah di Kaltim lebih cocok untuk ladang, bukan untuk padi atau yang komoditas pangan lainnya.

“Ini dianggap gagal karena 600 hektar lahan di sana ditebang-tebangin. Nah di luar Jawa itu, orang hanya orang bisa berladang karena beda curah hujannya, lahannya beda,” kata aktivis senior ini.

Sebelumnya, proyek lumbung pangan atau food estate yang dikerjakan pemerintah mulai disenggol PDI Perjuangan. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bahkan menyebut proyek ini sebagai bagian dari kejahatan lingkungan.

Menurut Hasto, PDIP memberikan catatan yang serius atas upaya Presiden Jokowi membangun food estate. Katanya, politik seharusnya merawat kehidupan dan menjaga bumi pertiwi. Sementara program food estate justru membabat hutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA