Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peta Koalisi Parpol Masih Bisa Berubah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 14 Agustus 2023, 16:41 WIB
Peta Koalisi Parpol Masih Bisa Berubah
Koalse Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Koalisi Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN yang mendukung pencapresan Prabowo Subianto dinilai masih cair dan bisa berubah.

"Sekalipun ada kerja sama politik, deklarasi dukungan oleh Golkar dan PAN (kepada Prabowo) bagi saya hanya sebatas separuh perjalanan menuju koalisi permanen di 2024," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (14/8).

Selain belum resmi didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU), kecenderungan komunikasi elite parpol yang masih cair juga menunjukkan koalisi belum final.

Ia meyakini, koalisi partai politik pengusung capres masih bisa berubah hingga KPU RI mengumumkan secara resmi peserta Pilpres 2024.

"Peta politik kita masih gelap-gulita dan dinamis," tutupnya.

Deklarasi dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 dilakukan langsung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketum PAN, Zulkifli Hasan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8).

PAN dan Golkar sebelumnya berada satu gerbong bersama PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun belakangan, PPP memilih merapat ke PDIP dan mendukung Ganjar Pranowo. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA