Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadikan Cak Imin Kandidat Bacawapres Ganjar, PDIP Sedang Berupaya Ganggu KKIR?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 31 Juli 2023, 16:41 WIB
Jadikan Cak Imin Kandidat Bacawapres Ganjar, PDIP Sedang Berupaya Ganggu KKIR?
Pertemuan antara Ketum PKB, Muhaimin Iskandar, dan Ketua DPD PDI Perjuangan, Puan Maharani, Kamis (27/7)/RMOL
rmol news logo PDI Perjuangan tampaknya menginginkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergabung dalam koalisinya untuk mengusung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

“Indikasi itu terlihat dengan menempatkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai salah satu kandidat bakal cawapres Ganjar,” kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (31/7).

Menurut Jamiluddin, masuknya nama Ketum PKB tersebut ke dalam 5 besar bacawapres Ganjar cukup mengejutkan. Sebab, elektabilitas Cak Imin saat ini terbilang rendah.

“Jadi, dilihat dari elektabilitas, Cak Imin tak layak menjadi cawapres. Karena itu, memasukkan Cak Imin sebagai kandidat cawapres tampaknya PDIP punya motif politik lain,” tuturnya.

Jamiluddin menambahkan, ada kemungkinan memasukkan Cak Imin sebagai kandidat bacawapres Ganjar hanya upaya PDIP untuk mengganggu Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang diisi PKB dan Partai Gerindra.

“Cak Imin diiming-iming posisi itu ada kemungkinan agar keluar dari KKIR dan bergabung ke PDIP,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA