Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerusuhan Dogiyai, Pemerintah Prioritaskan Program Pembangunan Manusia di Bumi Cendrawasih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 26 Juli 2023, 16:40 WIB
Kerusuhan Dogiyai, Pemerintah Prioritaskan Program Pembangunan Manusia di Bumi Cendrawasih
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy di Kabupaten Dogiyai, Papua/Ist
rmol news logo Program pembangunan manusia menjadi prioritas pemerintah untuk direalisasikan di wilayah Kabupaten Nabire dan Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah.

Apalagi, wilayah ini telah mengalami konflik sosial yang terjadi belum lama ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya telah meminta aparat keamanan dan pemerintah daerah, serta pemuka agama saling menguatkan dalam melakukan pengamanan, khususnya untuk keberlanjutan program prioritas bidang pembangunan manusia di Kabupaten Dogiyai.

"Konflik sosial sudah sering terjadi, dan sudah kami diskusikan dengan petugas keamanan di sana, ada Pak Dandim, Pak Kapolres. Intinya kami bertekad agar kejadian seperti ini tidak terjadi kembali," kata Menko Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/7).

Ia pun telah terjun langsung ke Kabupaten Dogiyai beberapa waktu lalu untuk meninjau kondisi masyarakat di lapangan. Kunjungan tersebut sebagai pendampingan sekaligus pembinaan untuk memastikan program prioritas nasional berjalan baik di daerah.

Saat meninjau ke Dogiyai, Muhadjir menemukan laporan rumah dan kios warga terbakar saat kerusuhan. Ia pun berkoordinasi dengan Pemkab Dogiyai dan pihak terkait untuk mencari solusi terbaik.

Termasuk juga beberapa ruas jalan yang terhambat serta akses telekomunikasi yang terputus sebagian.

"Saya berkoordinasi dengan Pemkab, dan unsur masyarakat, terutama pemuka agama untuk berkolaborasi membangun dan memulihkan kondisi ekonomi masyarakat di Kabupaten Dogiyai," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA