Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Reshuffle Budi Arie Dkk Sebatas Bagi-bagi Kue Kekuasaan dan Buang Anggaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 18 Juli 2023, 08:55 WIB
Reshuffle Budi Arie Dkk Sebatas Bagi-bagi Kue Kekuasaan dan Buang Anggaran
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F Silaen/Net
rmol news logo Perombakan Kabinet Indonesia Maju kali ini lebih terlihat sebagai praktik bagi-bagi kue kekuasaan kepada para pendukung Presiden Joko Widodo.

Bancakan kekuasaan ini makin terlihat saat Presiden Jokowi memilih mengganti menteri asal Nasdem, Johnny G Plate yang tersandung kasus korupsi dengan Ketua Umum Relawan Projo, Budi Arie Setiadi.

"Bagi-bagi kue kekuasaan ini tetap dilakukan meskipun pos anggaran pengeluaran negara terus membengkak yang ujungnya harus berutang kepada negara asing," kritik Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F Silaen kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18/7).

Menilik sisa pemerintahan Jokowi yang tinggal menghitung bulan, efektivitas perombakan kabinet ini diyakini tidak akan berjalan maksimal dan hanya membuang-buang uang negara.

"Beberapa bulan ke depan sudah memasuki tahapan pemilu, maka kebijakan strategis sudah tidak bisa lagi diambil oleh pemerintah," jelasnya.

Selain pergantian posisi Menkominfo, Presiden Jokowi juga menunjuk lima wakil menteri.

Mereka adalah Wamenkominfo Nezar Patria, Wamendes Paiman Raharjo, Wamenlu Pahala Mansury, Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani, dan Wamenag Saiful Rahmat Dasuki. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA