Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rocky Gerung Pengamat Politik Paling Disukai Warganet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 17 Juli 2023, 22:31 WIB
Rocky Gerung Pengamat Politik Paling Disukai Warganet
Pengamat Politik Rocky Gerung/Net
rmol news logo Tahun politik menuju pemilihan umum (Pemilu) 2024 ternyata turut mengerek popularitas para pengamat politik tanah air yang kerap menyajikan analisis-analisis yang dimuat di media massa dan media sosial.

Hasil survei Jayabaya Engine X, setidaknya ada lima pengamat politik terpopuler berdasarkan hasil percakapan di media sosial.

Dalam data yang dikumpulkan sejak 1 Januari 2023 hingga 12 Juli 2023, lima besar pengamat politik dengan tingkat ketersukaan warganet terbilang tinggi.

Peringkat pertama yang paling populer dan disukai warganet adalah Rocky Gerung 19 persen, diikuti Saiful Mujani 13,4 persen dan Effendi Gazali 15,3 persen. Peringkat keempat ada Hendri Satrio 11,8 persen, dan Denny JA 10,4 persen.

Peneliti Jayabaya Engine X, Gumilar Satriawan mengatakan, data tersebut diperoleh berdasarkan 4880 pengguna internet secara acak.

Big data ini mengambil data dari media sosial dan media online. Semakin sering disebut di media online dan media sosial, maka orang tersebut semakin populer," kata Gumilar kepada wartawan, Senin (17/7).

Lima nama tersebut diambil secara acak dan paling banyak dibicarakan, serta tidak memiliki kriteria khusus.

“Jika sering muncul di TV, YouTube, media sosial dan media online, maka nama orang tersebut kami ambil. Nah itu saya ambil sebagai subjek dari pengamat politik nasional maupun lokal," sambungnya.

Selain lima nama tersebut, beberapa pengamat yang masuk radar survei Jayabaya Engine-X yakni Burhanuddin Muhtadi dengan 8,4 persen, Akbar Faizal 6,2 persen, Eep Saefulloh Fatah 5,1 persen, Refly Harun 3,4 persen, dan Yunarto Wijaya 2,6 persen.

Lalu ada Siti Zuhro 1,5 persen, Adi Prayitno 1,1 persen, Muhammad Qodari 0,5 persen dan beberapa lainnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA