Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelototi Seleksi KPU-Bawaslu, Begini Catatan Penting GAMKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 11 Juli 2023, 18:57 WIB
Pelototi Seleksi KPU-Bawaslu, Begini Catatan Penting GAMKI
DPP GAMKI menggelar Diskusi Publik di Graha Oikumene PGI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat yang dihadiri Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda/Ist
rmol news logo Proses seleksi anggota KPU dan Bawaslu daerah yang sedang berlangsung di berbagai mendapat sorotan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat mengatakan, rekrutmen anggota KPU dan Bawaslu daerah harus berdasarkan pada sistem merit.

"Seleksi anggota KPU dan Bawaslu yang sedang berlangsung untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota diharapkan dengan sistem merit, dimana para komisioner dipilih karena kemampuan, kompetensi, dan integritasnya," ujar Sahat kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (11/7).

Selain itu, dia juga mendorong KPU dan Bawaslu RI sebagai pelaksana seleksi mempertimbangkan faktor keterwakilan, perimbangan, kearifan lokal, dan nilai-nilai ke-Indonesian.

Sebab Sahat menilai, komposisi anggota KPU dan Bawaslu yang representatif dan berkualitas di setiap daerah akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mengikuti Pemilu 2024.

Namun menurutnya, kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu juga bisa menurun jika komposisi anggota KPU dan Bawaslu tidak berdasarkan prinsip-prinsip tersebut.

"Siapapun berhak untuk mengikuti tahapan seleksi jika memenuhi syarat dan kriteria. Kami harap yang terpilih telah menimbang faktor kompetensi, perimbangan, keterwakilan, dan kearifan lokal di setiap daerah," tutur Sahat.

"GAMKI percaya Tim Seleksi serta Pimpinan KPU dan Bawaslu RI dapat memutuskan dengan bijak dan adil dalam menentukan komposisi anggota KPU dan Bawaslu di setiap daerah di Indonesia," sambungnya menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA