Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kesulitan Rekrut Petugas Adhoc, Bawaslu: Banyak yang Minim Pengalaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 26 Juni 2023, 14:55 WIB
Kesulitan Rekrut Petugas Adhoc, Bawaslu: Banyak yang Minim Pengalaman
Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda/Net
rmol news logo Rekrutmen petugas adhoc yang akan bertugas pada pemungutan dan penghitungan suara menjadi satu tantangan yang dihadapi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda menjelaskan, pendaftar rekrutmen petugas adhoc terutama pada pengalaman.

“Banyak masyarakat berminat mengikuti rekrutmen, tapi belum memiliki pengalaman sebelumnya,” ujar Herwyn dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Senin (26/6).

Selain kendala perekrutan petugas berpengalaman, dia menjelaskan faktor waktu tahapan yang mepet menyulitkan Bawaslu melakukan pembekalan kepada pengawas pemilu.

“Ada keterbatasan waktu rekapitulasi penghituang suara dan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) karena pemilu dan pemilihan waktunya berdekatan

Selain kendala rekrutmen SDM adhoc, Herwyn menambahkan, kendala lain yang potensi dihadapi jajaran pengawas adhoc Bawaslu.

“Yaitu kendala teknis seperti kesulitan akses jaringan teknologi informasi, dan kendala geografis di daerah yang terisolir terutama wilayah Indonesia timur. Itu menjadi tantangan Pemilu dan Pilkada 2024,” demikian Herwyn menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA