Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Implementasikan Closed Loop, Airlangga: Harga Pertanian Tidak Turun saat Musim Panen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 23 Juni 2023, 08:36 WIB
Implementasikan Closed Loop, Airlangga: Harga Pertanian Tidak Turun saat Musim Panen
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kabupaten Simalungun/Ist
rmol news logo Program closed loop hortikultura diharapkan menjadi model kemitraan yang mampu berdampak signifikan bagi seluruh stakeholders terkait, sejak dilangsungkan pertama kali pada tahun 2020 di Kabupaten Garut.

Closed loop sendiri merupakan model kemitraan agribisnis hulu sampai hilir yang melibatkan multistakeholder dan dikembangkan dalam ekosistem berbasis digital, teknik budidaya good agricultural practices, sistem distribusi yang baik, serta jaminan pasar atau harga yang bersaing.

Melalui implementasi closed loop, diharapkan dapat memastikan ketersediaan produk berkualitas sesuai kebutuhan pasar, mengurangi ketidakpastian pasokan dan harga, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan konsumen.

“Dengan teknologi dan closed loop diharapkan harga dari pertanian bisa meningkat dan saat panen, harga tidak akan turun. Ini yang akan didorong pemerintah," tegas Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6).

Seiring dengan keberhasilan implementasi di Kabupaten Garut sejak tahun 2020, program kemitraan tersebut telah dikembangkan di 16 kabupaten.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud menyatakan, closed loop menjadi wujud peran pemerintah mendorong terciptanya ekosistem pasar.

Dalam kemitraan tersebut, inovasi teknologi dan praktik berkelanjutan juga harus dilibatkan untuk meningkatkan produktivitas dan memastikan ketahanan pangan jangka panjang dan berkelanjutan.

“Tidak hanya menjaga ketahanan pangan, yang paling penting adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan pendapatan petani," tandas Musdhalifah. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA