Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Pemilu Bersih, DEEM Minta Parpol Lakukan Reformasi Internal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 19 Juni 2023, 03:29 WIB
Demi Pemilu Bersih, DEEM Minta Parpol Lakukan Reformasi Internal
Ilustrasi Pemilu/Net
rmol news logo Partai politik harus bisa melakukan reformasi internal untuk mencegah penghalalan segala cara dalam meraih kemenangan pemilu. Jangan sampai ada lagi praktik suap karena bisa mengancam nilai-nilai demokrasi Indonesia ke depan.

Begitu kata Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Neni Nur Hayati saat berbincangan dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (19/6). Dia berharap pemilu bersih benar-benar terwujud dari dalam tubuh partai.

Dia mengingatkan bahwa Pemilu 2024 tidak hanya persaingan antar parpol. Tapi juga ada persaingan di internal partai karena MK telah memutuskan pileg digelar seperti sebelumnya, yaitu dengan proporsional terbuka.

Untuk itu, dia mengingatkan agar parpol menjaga meritokrasi. Jangan sampai pemberian nomor urut caleg didasarkan pada besaran nominal yang masuk ke partai.

“Hulu dari persoalan pemilu ada di partai politik, maka bagaimana partai itu melakukan kaderisasi dan rekrutmen secara terbuka. Apalagi, kemenangan bukan hanya ditentukan oleh partai, tetapi juga oleh para calegnya,” ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA