Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Rangkaian Sidak, Kemendes PDTT-IFAD Komitmen Kawal Implementasi Program Tekad

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 14 Juni 2023, 00:04 WIB
Lewat Rangkaian Sidak, Kemendes PDTT-IFAD Komitmen Kawal Implementasi Program Tekad
Pemantauan implementasi Program Tekad di Kabupaten Nabire, Papua Tengah/Ist
rmol news logo Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus berupaya memastikan implementasi Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) dapat berjalan baik di lapangan.

Salah satunya upaya itu, dengan melakukan rangkaian inspeksi mendadak (Sidak) desa-desa sasaran di kawasan Indonesia Timur. Kegiatan sidak itu, dilakukan bersama Internasional Fund Agriculture Development (IFAD)

Tim Kemendes PDTT dan IFAD memantau langsung pelaksanaan program di desa-desa yang menjadi lokus Tekad di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku; Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Teggara Timur; Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat; dan Nabire, Provinsi Papua Tengah.

"Kami ingin tahu secara langsung bagaimana program ini diterapkan dan apa dampak langsung kepada kepala rumah tangga sasaran," ujar  Country Director IFAD untuk Indonesia Hani Elsadani Salem menjelaskan rangakaian sidak itu dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6).

Hani mengatakan, dari rangkaian sidak di berbagai desa sasaran juga akan diketahui berbagai kendala implementasi Program Tekad. Dengan demikian segera dapat dirumuskan solusi baik yang bersifat jangka pendek dan menengah.  

"Hasil dari rangkaian kunjungan lapangan, akan jadi masukan demi peningkatan Progam Tekad ke depannya," katanya.

Senada, Direktur PPU Kemendes PDTT yang juga selaku Program Manager Tekad, Ari Indarto Sutijatmo, mengatakan rangkaian kunjungan kali ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan pengembangan program TEKAD.

Menurutnya, Kemendes PDTT dan IFAD akan terus menggandeng pemerintah daerah dan stakeholder lainnya guna merumuskan langkah-langkah strategis untuk memperkuat Program Tekad dan meningkatkan dampaknya bagi masyarakat desa.

"Jauh-jauh kita datang sampai ke pelosok desa karena Kemendes dan IFAD sangat konsern memperbaiki program Tekad jadi labih baik," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA