Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamin Keberlanjutan Program, Tekad Gandeng Profesional Dampingi Desa Binaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 14 Juni 2023, 23:50 WIB
Jamin Keberlanjutan Program, Tekad Gandeng Profesional Dampingi Desa Binaan
Pemantauan implementasi Program Tekad di Kampung Siwi Distrik Momi Waren Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat/Ist
rmol news logo Pendampingan terhadap desa binaan terus dilaksanakan kader Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad). Tidak hanya pada pendampingan di level perencanaan, tapi juga Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) kelompok binaan terkait.

Dikatakan Fasilitator Kabupaten Tekad, Hero, pendampingan penting dilakukan agar implementasi program tidak hanya sekali jalan.

"RKTL itu penting sekali untuk pembangunan ke depan. Terkait kondisi di lapangan, goalnya bagaimana, dan kapan akan dilakukan," ujar Hero dalam keterangan tertulis, Rabu (14/6).

Hero menyampaikan, dalam pendampingan kelompok binaan desa atau kampung Tekad, dibutuhkan kolaborasi dengan pihak terkait.

Di antaranya adalah pendamping berpengalaman dalam hal pemberdayaan bahkan dinas tertentu untuk melaksanakan pendampingan tersebut.

"Kami kolaborasi yang sudah berpengalaman dari pendampingan-pendampingan sebelumnya. Kami fight di situ," terangnya.

Lanjutnya, fasilitator Tekad yang bertugas sebagai tangan kanan International Fund Agriculture Development (IFAD) selaku mitra Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), berkomitmen untuk mewujudkan tujuan program ini.

Yakni, menghadirkan kemandirian ekonomi sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah, dengan beberapa pelatihan yang dapat diimplementasikan secara langsung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA