Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Setor Nama Bacaleg di 100 Persen Dapil, Keterwakilan Perempuan Sama dengan PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 11 Mei 2023, 13:22 WIB
Nasdem Setor Nama Bacaleg di 100 Persen Dapil, Keterwakilan Perempuan Sama dengan PDIP
Kepala Situation Room DPP Partai Nasdem, Prananda Paloh usai menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) 2024/RMOL
rmol news logo Formulir pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) 2024 resmi disetor Partai Nasional Demokrat (Nasdem), ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

Kepala Situation Room DPP Partai Nasdem, Prananda Paloh menjelaskan, jumlah bacaleg yang disetor Nasdem memenuhi seluruh daerah pemilihan (dapil) dan jumlah kursi yang tersedia, yaitu 580 bacaleg di 84 dapil.

“Syukur alhamdulillah 100 persen caleg DPR RI, 100 persen DPRD provinsi dan kabupaten/kota telah sukses kami verifikasi,” ujar Prananda saat jumpa pers.

Putra Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ini menjelaskan, salah satu syarat pendaftaran bacaleg oleh partai politik (parpol) peserta Pemilu Serentak 2024 adalah memenuhi kuota 30 persen perempuan.

Ia memastikan, kuota affirmative action tersebut melampaui batas minimal yang ditentukan UU 7/2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU (PKPU) 10/2023 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Bahkan, persentase yang disebutkan oleh Prananda terbilang sama dengan kuota keterwakilan bacaleg perempuan yang juga disetor PDI Perjuangan pada hari ini.

“Partai Nasdem sukses memberikan caleg perempuan 33 persen,” demikian Prananda menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA