Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senator Dukung Langkah Cepat Menlu Retno Evakuasi WNI dari Sudan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 25 April 2023, 05:57 WIB
Senator Dukung Langkah Cepat Menlu Retno Evakuasi WNI dari Sudan
Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni/Net
rmol news logo Langkah Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan pasca pecahnya perang saudara antara paramiliter Rapid Support Force (RSF) dan militer Sudan di Ibu Kota Khartoum, diambut baik DPD RI.

Dikatakan anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni, dalam hal merespon konflik yang terjadi di luar negeri, kewajiban pertama bagi Indonesia adalah menyelamatkan nyawa WNI.

"Langkah Menlu sudah benar, dan saya apresiasi Menlu yang akan segera mengevakuasi WNI," kata Sylviana dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (24/4).

Lebih lanjut, Ketua Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) DPD RI ini pun meminta pemerintah Indonesia untuk berperan aktif mewujudkan perdamaian di seluruh dunia. Termasuk negeri Sudan akibat perseteruan dua jenderal elite yang sama-sama memimpin pasukan kuat, yaitu Mohamed Hamdan Dagalo dan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan.

Menurut Sylviana, Presiden Joko Widodo telah melakukan berbagai pekerjaan diplomasi dengan sangat baik, salah satunya upaya perdamaian Ukraina-Rusia dan R-20. Terlebih, Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah Sudan, terutama dalam bidang pendidikan.

"Sesuai amanat UUD 1945 bahwa Indonesia harus untuk turut menjaga perdamaian dunia. Saya mendorong pemerintah Indonesia baik sendiri maupun melalui PBB atau OKI untuk membantu mendamaikan dan mengirimkan bantuan kemanusiaan karena WNI di Sudan bisa dibilang cukup banyak," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA