Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu 2024 Dipastikan Tidak Molor, Nasdem Ingin Tetap Gunakan Proporsional Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 06 April 2023, 09:32 WIB
Pemilu 2024 Dipastikan Tidak Molor, Nasdem Ingin Tetap Gunakan Proporsional Terbuka
Sekretaris DPW Partai Nasdem DKI Jakarta, Wibi Andrino/Ist
rmol news logo DPR RI telah mengesahkan Perppu Pemilu menjadi Undang-undang. Hal ini menegaskan pemilu akan berjalan sesuai jadwal, yakni pada 14 Februari 2024.

Sekretaris DPW Partai Nasdem DKI Jakarta, Wibi Andrino, berharap Pemilu 2024 tetap dilaksanakan dengan menggunakan sistem proporsional terbuka.

"Kami tetap menginginkan dengan adanya proporsional terbuka karena masyarakat hari ini membutuhkan pemimpin-pemimpin yang mereka kenali," kata Wibi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (6/4).

Upaya pengembalian sistem proporsional tertutup yang tengah dilakukan sejumlah pihak di Mahkamah Konstitusi, lanjut Wibi, dikhawatirkan akan menumbuhkan kembali oligarki ketika pengambilan keputusan hanya diambil oleh para elite.

"Dengan adanya proposal terbuka para calon-calon anggota dewan bisa lebih aktif untuk bertemu dengan masyarakat, memperkenalkan visi misinya dan apa yang ingin dilakukan ketika dia duduk menjadi representasi daripada masyarakat," pungkas Wibi.

Wibi sendiri merupakan salah satu pihak terkait dalam sidang uji materi UU No 7/2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta ini menegaskan kesediaannya hadir sebagai pihak terkait dalam uji materi UU Pemilu ini adalah sebagai bentuk panggilan atau urgensi terhadap suatu kemunduran berdemokrasi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA