Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akibat Kemacetan di Merak-Bakauheni, Jokowi Imbau Masyarakat Tidak Semua Balik Sabtu dan Minggu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 02 Mei 2022, 20:53 WIB
Akibat Kemacetan di Merak-Bakauheni, Jokowi Imbau Masyarakat Tidak Semua Balik Sabtu dan Minggu
Presiden Jokowi (kiri) bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X/Repro
rmol news logo Kejadian kendaraan bermotor menumpuk di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni pada puncak mudik kemarin diantisipasi Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan, kejadian tersebut seharusnya bisa menjadi pembelajaran masyarakat. Karena dia mengklaim langkah pemerintah mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak sudah dilakukan dengan cepat dan penuh perhitungan.

"Memang kapalnya sudah ditambah dari sekitar 30-an menjadi 50-an. Tapi memang dermaganya tidak cukup. Ditambah lagi dermaganya 2 lagi, baru bisa mengurangi," ujar Jokowi usai bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta, Senin (2/5).

Hingga hari h lebaran ini, Jokowi menerima laporan aktivitas mudik masih dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja ia mendapati keadaannya sudah tidak sepadat beberapa hari menjelang lebaran.

"Arus mudiknya saya melihat semuanya berjalan dengan baik. Bahwa ada hal-hal kecil di Merak-Bakauheni (beberapa hari lalu) ngantri 12 jam karena memang volume kendaraannya terlalu banyak, tidak sesuai kapasitas, dermaga tidak sesuai kapasitas yang ada," katanya.

Maka dari itu, pada arus balik nanti mantan Walikota Solo ini mengimbau masyarakat agar bisa menentukan tanggal yang tepat.

"Sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar ada yang lebih awal. Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya hari Sabtu dan Minggu. Pasti akan terjadi titik kemacetan terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA