Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Presiden Terus Dorong Kerja Sama Internasional untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 04 November 2021, 00:57 WIB
Menko Airlangga: Presiden Terus Dorong Kerja Sama Internasional untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Memperkuat kerja sama internasional menjadi cara yang dilakukan pemerintah untuk memulihkan perekonomian Indonesia.

Begitu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela-sela pertemuan KTT COP26 di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, pada Selasa (2/11).

"Pemerintah Indonesia akan memanfaatkan Keketuaan G20 untuk menghasilkan sejumlah kerja sama konkret agar mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui transformasi digital yang inklusif bagi pertumbuhan dan pembangunan," ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/11).

Sebagai contoh, Airlangga memaparkan materi pembahasan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Joe Biden. Di mana, Jokowi membahas sejumlah isu terkait geopolitik Indo Pacific, Keketuaan Indonesia di G20, dan hubungan bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia.

"Hubungan bilateral antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia sangatlah strategis. Amerika juga membantu Indonesia dalam penanganan Covid-19 dengan mengirimkan vaksin, ventilator dan obat-obatan therapeutic," ungkapnya.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini juga mengatakan, pertemuan Jokowi dan Joe Biden juga membahas keinginan Indonesia meningkatkan kerja sama ekonomi antar kedua negara, terutama terkait pengembangan ekonomi hijau.

Di sela pertemuan COP26, Menko Airlangga juga melakukan pertemuan dengan Bill Gates yang didampingi President Bill & Melinda Gates Foundation untuk membahas sejumlah potensi kerja sama.  

Rencana kerja sama yang dibahas antara lain produksi bersama (co-production) mRNA, taksonomi pisang yang sangat beragam di Indonesia bekerja sama dengan LIPI, serta pembahasan terkait keuangan inklusif (financial inclusion). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA