Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPD RI: Banyak Tokoh Yang Ingin Nama Jabar Diganti Provinsi Sunda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 13 Oktober 2020, 02:00 WIB
DPD RI: Banyak Tokoh Yang Ingin Nama Jabar Diganti Provinsi Sunda
Anggota DPD RI asal Jabar, Eni Sumarni/RMOLJabar
rmol news logo Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah menerima aspirasi-aspirasi yang berasal dari masyarakat soal wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda.

Anggota DPD RI asal Jabar, Eni Sumarni mengatakan, aspirasi yang diterima olehnya berasal dari para tokoh sunda yang berkeinginan untuk mengembalikan nama sunda. Karena, saat ini nama sunda nyaris tidak ada di peta dunia, kecuali Selat Sunda.

"Dulu nama sunda tidak hanya di Tatar Pasundan atau di Jabar, dulunya ada Sunda Kecil dan Besar, dari ujung timur sampai barat," tuturnya, di Perpustakaan Ajip Rosidi Jalan Garut nomor 2, Kota Bandung, Senin (12/10).

Dengan aspirasi tersebut, lanjut Eni, nama sunda tidak akan hilang dari sekup nasional maupun internasional. Pasalnya, penggunaan nama sunda sudah jarang dipakai, yang mengakibatkan hilangnya nama tersebut.

"Sunda bukan hanya perihal etnis, namun sebuah nama geografis, sehingga tidak perlu dibenturkan dengan kesukuan lainnya yang tinggal di Jabar," jelasnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Dengan demikian, tujuan penyampaian aspirasi dari tokoh sunda yakni ingin mengembalikan nama sunda yang dijadikan nama provinsi yang ada di Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA