Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Evakuasi WNI, Kemlu Tunggu Saran Dari Otoritas China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 27 Januari 2020, 18:06 WIB
Soal Evakuasi WNI, Kemlu Tunggu Saran Dari Otoritas China
Jurubicara Kemlu, Teuku Faizasyah (kanan)/RMOL
rmol news logo Wabah pneumonia dari virus novel corona (2019-nCoV) dikabarkan semakin ganas. Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Prancis, hingga Australia kemudian berencana untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan, China kota pertama virus tersebut terdeteksi.

Opsi evakuasi juga menjadi pembahasan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam upaya penanganan WNI di Wuhan dan beberapa kota lainnya, terutama di Provinsi Hubei.

Kendati begitu, jurubicara Kemlu, Teuku Faizasyah menerangkan bahwa pemerintah tidak bisa serta merta mengevakuasi WNI dari Wuhan. Pasalnya saat ini wilayah tersebut tengah diisolasi sehingga harus melakukan komunikasi intens dengan pihak otoritas China.

"Negara-negara (lain) dan Indonesia juga akan banyak bergantung dari sejauh mana pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) bisa memberikan pertimbangan, saran, dan tindakan bagi evakuasi tersebut," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemlu, Jalan Pejambon, Jakarta, Senin (27/1).

Untuk opsi evakuasi sendiri memiliki beberapa versi. Yakni, dievakuasi langsung ke Indonesia atau tetap di China namun dipindahkan ke wilayah yang lebih aman.

"Jadi manakala terbuka kesempatan untuk evakuasi dan kondisi di lapangan sudah memungkinkan. Evakuasi dalam berbagai versi, namun semuanya berpulang pada konfirmasi pihak Tiongkok," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA