Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden RfP-APYIN: Indonesia Negara Demokrasi yang Sukses

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 21 Oktober 2014, 22:20 WIB
Presiden RfP-APYIN:  Indonesia Negara Demokrasi yang Sukses
dahnil anzar simanjuntak
rmol news logo Suasana pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla kemarin sebagai Presiden dan Wakil Presiden memberikan pesan kepada dunia. Bahwa Indonesia adalah negara demokrasi yang sukses.

"Karena peralihan kekuasaan berlangsung damai dan demokratis," jelas Presiden Religion for Peace Asia and Pacific Youth Interfaith Network (RfP-APYIN), Dahnil Anzar Simanjuntak, (Selasa, 21/10).

Karena itu pula, dia menegaskan, Indonesia bukan negara yang perlu diajarkan berdemokrasi dengan baik oleh negara lain. "Tetapi (Indonesia) negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan sangat menghormati perbedaan serta sangat demokratis," tekan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Kesuksesan demokrasi Indonesia mencerminkan bahwa Islam di Indonesia sangat terbuka dengan praktek demokrasi mampu memberikan contoh bagi dunia, bahkan kepada Barat sekalipun.

Hal ini menepis, stereotip dan islamofobia yang masih berkembang di Amerika dan Eropa, yang banyak merugikan umat Islam disana karena mengalami berbagai diskriminasi.

"Bila ingin melihat wajah Islam yang sangat menghormati keragamaan dan menjadi toleransi, Barat perlu lebih banyak memahami Islam di Indonesia, tidak hanya di Arab," demikian Dahnil, yang juga dosen Untirta, Banten ini. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA