Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI: Ledakan Terjadi di Gudang Penyimpanan Amunisi Expired

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 31 Maret 2024, 13:34 WIB
Panglima TNI: Ledakan Terjadi di Gudang Penyimpanan Amunisi <i>Expired</i>
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto/Ist
rmol news logo Kebakaran dan ledakan yang terjadi di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan tempat penyimpanan amunisi kedaluwarsa yang akan dimusnahkan.

Hal itu disampaikan Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto saat melakukan pengecekan lokasi ledakan dan kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Minggu siang (31/3).

"Ledakan terjadi di gudang penyimpanan amunisi sisa latihan atau temuan dan amunisi-amunisi yang sudah expired," kata Panglima TNI kepada wartawan.

"Dan secara sistematis sebenarnya amunisi-amunisi tersebut akan diledakkan atau didisposal tentunya melalui sistematis, pemeriksaan dan sebagainya," sambungnya.

Agus Subiyanto menjelaskan, amunisi yang kedaluwarsa itu dikumpulkan di Gudmurah dari berbagai satuan di Kodam Jaya. Setelah dilakukan pemeriksaan, maka nantinya akan diledakkan di disposal.

"Ya memang kalau sudah expired itu relatif sensitif, labil. Dia kena gesekan, kena panas, akan mudah meledak, makanya kami punya SOP penggundukannya itu di bawah tanah, jadi di bawah karena labil, dan sewaktu-waktu bisa meledak," pungkas Agus.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA