Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI AU Pastikan Dua Pesawat yang Jatuh dalam Kondisi Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 17 November 2023, 18:00 WIB
TNI AU Pastikan Dua Pesawat yang Jatuh dalam Kondisi Baik
Kepala Dinas Penerangan Udara (Kadispenau) Marsma Agung Sasongkojati di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat petang (17/11)/RMOL
rmol news logo TNI Angkatan Udara pastikan kondisi pesawat EMB 314 Super Tucano TT-3103 dan TT-3111 dalam kondisi baik sebelum ditemukan jatuh di Watugede, Keduwung, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis siang (16/11).

"Pesawat ini dalam kondisi baik, penerbangnya baik, flight dari empat pesawat dengan delapan orang kru di dalamnya," kata Kepala Dinas Penerangan Udara (Kadispenau) Marsma Agung Sasongkojati di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat petang (17/11).

Sesuai fakta dan data sementara, Agung menjelaskan para pilot telah menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dengan baik. Mulai dari take off hingga terbang di udara.

"Mereka semua menjalankan prosedur dengan baik, pre take off, pre start engine baik, kemudian take off pukul 10.51 WIB pada pukul 11.18 WIB mereka mengalami lost contact, faktanya itu," jelasnya.

Namun saat membentuk formasi, Agung mengatakan ada awan tebal yang membuat jarak pandang pilot menjadi 30 meter.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri adalah keluar dari formasi dan menjauh dari pesawat yang ada di sekitar.

"Awan tiba-tiba menebal dengan pekat sehingga pesawat yang dekat saja, yang jaraknya mungkin sekitar 30 meter, itu tidak kelihatan, karena sangat tebal, dan para penerbang mengatakan blind atau buta, enggak lihat. Itu adalah prosedur, dan prosedur yang menyelamatkan dua pesawat," bebernya.

"Saat dikatakan blind, maka secara otomatis sesuai prosedur, pesawat-pesawat saling menjauhkan diri, pada saat mereka menjauhkan diri, terdengar suara emergency locater transmitter (ELT) berarti ada sesuatu yang terjadi pada satu pesawat," sambung Agung.

Rupanya ELT itu berasal dari pesawat EMB 314 Super Tucano TT-3103 dan TT-3111. Selang beberapa waktu, kedua pesawat ditemukan jatuh di Watugede, Keduwung, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis siang.

Akibat peristiwa ini, empat perwira terbaik TNI AU gugur. Mereka adalah Kolonel Pnb (Anumerta) Sandhra Gunawan, Marsekal Pertama (Anumerta) Widiono Hadiwijaya, Letkol Pnb (Anumerta) Yuda Anggara Seta dan Marsekal Pertama (Anumerta) Pnb Subhan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA