Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Latgabma SGS 2023 Selesai Dihelat, Ini Keuntungan yang Diperoleh TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 16 September 2023, 00:46 WIB
Latgabma SGS 2023 Selesai Dihelat, Ini Keuntungan yang Diperoleh TNI
Pendaratan pasukan amfibi dalam Latgabma SGS 2023/Ist
rmol news logo Rangkaian Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield (Latgabma SGS) 2023 yang diikuti berbagai negara sahabat telah rampung digelar di Jawa Timur.

Secara garis besar, Indonesia dan TNI diuntungkan dengan perhelatan Latgabma SGS 2023 tersebut.

Direktur Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi menyebut dalam konteks diplomasi militer, gelar latihan ini dapat dipandang sebagai salah satu sarana mewujudkan kepentingan nasional di bidang pertahanan dan keamanan.

"Peranannya strategis dalam menghadapi permasalahan yang ada," kata Khairul kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Jumat (15/9).

Selain itu, Khairul menyebut latihan bersama ini bermanfaat untuk membangun kepercayaan, mengurangi rasa takut, dan kesalahpahaman kedua belah pihak.

"Jadi semisal terjadi eskalasi, situasinya kemudian tidak mengarah pada konflik terbuka yang merugikan posisi Indonesia, serta dapat saling memperkuat Confidence Building Measures (CBMs), keamanan hingga stabilitas kawasan," ucap Khairul.

Terakhir, Khairul menyebut latihan bersama SGS ini juga bermanfaat pada upaya meningkatkan kemampuan sektor pertahanan.

"Artinya, Indonesia dalam hal ini tentu saja berharap latihan gabungan akan memperkuat kesepahaman, memperkaya pengalaman, serta meningkatkan kemampuan dan kecakapan TNI terutama para personel yang terlibat," pungkas Khairul.

Latgabma melibatkan pasukan gabungan multinasional tiga matra Darat, Laut, dan Udara, bertujuan untuk mendorong kerja sama regional maupun internasional serta interaksi budaya.

Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan dan interoperabilitas militer negara-negara yang berpartisipasi dalam melakukan operasi gabungan. Tidak hanya antar matra saja tetapi juga antar negara dengan berbagai tingkat kesulitan karena perbedaan dalam doktrin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA