Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Hanya Pejabat, KPK Ungkap Perilaku Koruptif Terjadi di Masyarakat Umum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 10 Februari 2022, 03:21 WIB
Bukan Hanya Pejabat, KPK Ungkap Perilaku Koruptif Terjadi di Masyarakat Umum
Wakil Ketua KPK, Nurl Ghufron/RMOLJabar
rmol news logo Perilaku koruptif bukan hanya dilakukan kalangan pejabat melainkan juga terjadi di tengah-tengah masyarakat. Atas dasar itulah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga fokus memberantas praktik korupsi yang terjadi di masyarakat umum.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat menjadi pembicara diskusi Bincang Santai di Hari Pers Nasional 2022. Acara diskuri itu bertajuk Wartawan dan Pandangan bersama jurnalis Media Center DPRD Kabupaten Bekasi, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (9/2).

"Koruptor dalam konteks sosial dan hukum berbeda, tapi punya satu stereotype yang sama. Kalau konteksnya hukum, asumsinya selalu uang, suap. Sebenarnya dalam sosial, setiap kali menyalahgunakan wewenang, juga bentuk korupsi," ucap Ghufron seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Dalam konteks sosial, Ghufron mencontohkan, salah satunya dilakukan para pedagang dengan menimbun barang agar sulit dicari masyarakat.

"Kalau pedagang, nimbun barang, terus jadi langka di pasaran, itu juga bagian dari praktik korupsi. Jadi sebenarnya korupsi itu watak seseorang yang menyalahgunakan wewenangnya untuk kepentingan pribadi," tuturnya.

Ghufron berharap agar insan pers bisa terus melakukan fungsinya sebagai kontrol sosial sehingga demokrasi bisa berjalan secara sehat.

"Karena korupsi itu merata di setiap daerah. Karena korupsi itu penyakti dan watak. Bukan hanya pejabat negara yang korupsi, bisa juga pedagang," kata Ghufron.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA