Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TITO CALON KAPOLRI

Politikus PDIP: Semoga Para Senior Tito Tidak Ciptakan Turbulensi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 15 Juni 2016, 17:07 WIB
Politikus PDIP: Semoga Para Senior Tito Tidak Ciptakan Turbulensi
masinton pasaribu/net
rmol news logo PDI Perjuangan mengingatkan Presiden Joko Widodo soal pasal dalam UU Kepolisian, yang isinya mengatur pencalonan Kapolri.

Politisi PDIP di Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, menyatakan sesuai dengan Pasal 11 ayat 6 disebut bahwa calon Kapolri adalah polisi aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karir.

Mengapa Masinton mengingatkan itu, karena Jokowi telah menetapkan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon Kapolri tunggal. Pencalonan Tito tinggal menunggu persetujuan DPR. Masalahnya, pria asal Palembang itu adalah jenderal bintang tiga termuda di antara para Komjen lainnya.

Sebagai lulusan Akpol 1987, Tito melompati banyak seniornya. Padahal, Kapolri yang menunggu masa pensiun saat ini, Jenderal Pol Badrodin Haiti, adalah lulusan Akpol 1982. Pencalonan Tito melompati empat angkatan.

Banyak pihak mengkhawatirkan akan ada resistensi di tubuh kepolisian. Demikian pula Masinton.

"Mudah-mudahan dengan lompatan beberapa angkatan ini, tidak ada turbulensi di institusi kepolisian," harapnya, saat diwawancara di gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/6).

Masinton tetap khawatir ada senior-senior Tito yang merasa terlangkahi. Hal itu akan berpengaruh pada psikologi anggota dan berimbas pada kinerja kepolisian.

"Lebih kepada psikologi. Tapi itu mempengaruhi kinerja kepolisian kalau terjadi guncangan yang hebat atau ada penolakan angkatan. Dalam pandangan dan harapan saya, semoga landai saja," pungkasnya. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA