Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Bahas Kerja Sama Keamanan Bareng Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 09 Februari 2016, 21:16 WIB
Pemerintah Bahas Kerja Sama Keamanan Bareng Rusia
net
rmol news logo Menko Polhukam Luhut B. Panjaitan menerima delegasi Dewan Keamanan Rusia yang dipimpin Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev.

"Ini pertemuan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Rusia di bidang keamanan, hukum dan politik. Nikolai adalah orang ketiga di Rusia, dia bertanggung jawab pada tiga bidang itu," kata‎ Luhut usai pertemuan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta (Selasa, 9/2).

Luhut mengatakan, pihaknya bersama Dewan Keamanan Rusia menindaklanjuti sejumlah masalah dalam kerja sama yang dijalin kedua negara. Diantaranya sektor militer‎, terorisme, intelijen, siber, narkoba, dan hukum.

"Tadi disampaikan oleh masing-masing kementerian. ‎Ini adalah pertemuan ketiga sejak pertemuan ini dibangun dan yang kedua dalam periode pemerintahan Presiden Jokowi," ujarnya.

Khusus soal penanganan terorisme, Indonesia dan Rusia akan menjajakan kerja sama tersendiri. Karena kedua negara punya tantangan yang sama terhadap tindak pidana itu.

"Mereka punya operasi yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia, kami punya tantangan yang sama. Kami juga bertukar informasi intelijen, mereka kan intelijennya bagus. Mereka terlibat di Timur Tengah, mereka lebih banyak fuding kita sih," jelas Luhut.

Selain kerja sama di sejumlah sektor tersebut, pemerintah Rusia juga menawarkan pelatihan militer bersama. Termasuk menawarkan alat utama sistem persenjataan terbaru mereka kepada Indonesia.

"Mereka menawarkan juga peralatan-peralatan militer mereka untuk bisa dimanfaatkan Indonesia. Sukhoi dan kapal selam, helikopter MT17 juga. Tapi tetap akan ada ToT (Transfer of Technology)," demikian Luhut. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA