Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saleh Daulay: Media Massa Salah Identikkan ISIS dengan Islam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 18 Maret 2015, 13:41 WIB
Saleh Daulay: Media Massa Salah Identikkan ISIS dengan Islam
ilustrasi
rmol news logo Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Daulay, keberatan dengan pemberitaan massa tentang keberadaan kelompok radikal Negara Islam atau ISIS di Indonesia, Masalahnya, menurut dia, beberapa media mengidentikkan ISIS di Indonesia dengan umat Islam.

"Ada beberapa media yang mengilustrasikan bahwa gerakan ISIS itu identik dengan Islam. Padahal, ISIS murni gerakan politik yang menggunakan terminologi dan simbol Islam dalam memperluas kekuasaan dan jaringannya," ujar Saleh dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (18/3).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku menerima banyak masukan dari masyarakat yang menyampaikan keberatannya atas pemberitaan yang mengidentikkan ISIS dengan Islam.

"Karena itu, mereka minta agar ilustrasi pemberitaan tentang ISIS tidak dikaitkan dengan Islam dan umat Islam Indonesia. Keberatan itu sangat beralasan, mengingat mayoritas umat Islam Indonesia menolak ISIS," tambah mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah ini.

Lebih lanjut Saleh meminta agar media massa lebih arif dalam pemberitaan isu ISIS, agar tidak menimbulkan konflik.

"Semua pihak tentu membutuhkan media. Namun kearifan para pengelola media juga penting agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Karena itu, pemberitaan tentang ISIS perlu didudukkan dalam konteks politik, bukan agama," jelas Saleh. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA