Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inilah Pejabat dan Pasukan Pengisi Defile HUT TNI 7 Oktober

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Minggu, 05 Oktober 2014, 09:36 WIB
rmol news logo Upacara parade dan defile puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI akan dilaksanakan di Dermaga Ujung Armatim, Surabaya, Selasa mendatang (7/10), dengan Inspektur Upacara adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan.

Menurut Panglima TNI, Jenderal Moledoko, Presiden SBY yang awal rencananya tiba di Surabaya pada Senin (6/10), mempercepat kedatangannya menjadi hari ini untuk memberikan pengarahan kepada para perwira muda dari tiga matra TNI.

Mengenai anggaran yang keluar untuk gelar pasukan dan alutsista terbesar itu, Moeldoko memperkirakan mencapai Rp 20 miliar.

Adapun para pejabat upacara pada peringatan hari Selasa adalah Kolonel Laut (P) Dennu Septiana sebagai Komandan Upacara yang sehari-hari menjabat Dansatkat Koarmabar.

Pengucap Sapta Marga terdiri dari Letda Inf Egi Satria (TNI AD), Letda Laut (P) Dwi Prasetyo (TNI AL) dan Letda Pnb Antariksa Bayu (TNI AU). Sedangkan perwakilan penèrima tanda kehormatan adalah Kolonel Cpm Wahyu Sapto Nugroho S.H (TNI AD), Serma Kom Bandung Soekarno (TNI AL) dan Kapten Kal Rofiq S.Sos (TNI AU).

Pasukan yang terlibat defile adalah drum band Taruna Akademi Militer, satu kompi perwira menengah dan dua kompi perwira pertama.

Brigade I upacara terdiri dari Batalyon POM TNI, Gabungan wanita TNI dan Teruna Akademi TNI.

Brigade II Upacara TNI AD terdiri dari satu batalyon Kopassus, Infanteri Lintas Udara 503 Kostrad serta satu Batalyon 500 Raider.

Kemudian Brigade III upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon 512/QY, Batalyon Kalavaleri-3/tank/ananda chakti, Batalyon Arhanudse-08/Marawaca Buana berikut Brigade IV upacara TNI AL terdiri dari satu Batalyon Bintara, batalyon Tamtama pelaut dan Batalyon Marinir.

Selanjutnya Brigade V upacara TNI AU terdiri dari satu Batalyon Air Crew, Batalyon Bintara, Tamtama, dan Paskhas serta satu Batalyon Pegawai Negeri Sipil.

Dalam kegiatan defile akan dilakukan penilaian terhadap batalyon dan brigade terbaik.

Personel TNI yang dikerahkan sebanyak 18.580 prajurit dari tiga angkatan.

Sedangkan pengerahan alutsista secara besar-besaran antara lain dari TNI AD berupa 22 tank Leopard, 22 tank Marder, 13 panser Tarantula, 13 tank Scorpio, 6 meriam 155 Mm Caesar dan 43 pesawat.

TNI AL mengerahkan 195 alutsista antara lain 35 KRI, 10 LVT-7, 6 BVP-2, 26 BMP 3F1, 4 RM70 Grad dan 23 pesawat.

TNI AU mengerahkan 139 pesawatnya antara lain, 12 Sukhoi Su27/30 Flanker, 3 F5 tiger, 10 F-16 Fighting Falcon, 12 Hawk 109/209, 3 Emb 314 Super Tucano, 1 C130 Tanker dan 3 Boeing 737.[wid] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA