Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kontras Desak Transparansi TNI-Polri Usut Tuntas Bentrokan Batam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 25 September 2014, 11:32 WIB
rmol news logo Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan mendesak pengusutan tuntas kasus penimbunan BBM serta bentrokan antara anggota Brimob Polri dengan anggota TNI yang terjadi di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kontras mendesak Kapolri dan Panglima TNI agar memerintahkan anggotanya di lapangan untuk menjunjung tinggi profesionalitas dalam menjalankan tugas-tugasnya di lapangan.

Badan Pekerja Kontrak melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta (Kamis,25/9) menekankan, seringkali masyarakat sipil jadi korban dalam setiap pertikaian antara TNI dan Polri.  Selain itu, Kontras juga berpendapat selayaknya baik Kapolri maupun Panglima TNI merekonstruksi relasi di antara kedua institusi tersebut guna mengurangi dan/atau menghindari terjadinya bentrokan, baik yang bersifat individual maupun kelompok dari kedua institusi tersebut.

Kontras juga mendesak TNI dan Polri bersikap transparan terhadap hasil investigasi sebagaimana diatur dalam UU Keterbukaan Informasi Publik. Hal itu dinilai penting untuk mengukur keterbukaan dan akuntabilitas kedua institusi tersebut dalam menggali fakta-fakta dari peristiwa tersebut.

Lebih lanjut Kontras juga meminta Kapolda Riau agar menindak tegas anggotanya jika terbukti telah melakukan tindakan kekerasan dan penembakan terhadap anggota TNI serta menyelesaikannya melalui mekanisme eksternal. Kontras juga menghendaki Kapolda Kepulauan Riau untuk terus melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap dugaan penimbunan BBM tersebut, guna mengungkap dan mengetahui apakah ada keterlibatan dari pihak TNI maupun pihak lainnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA