Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perhatikan Keselamatan Diri Saat Mudik, Jangan Ceroboh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 17 Juli 2014, 15:39 WIB
Perhatikan Keselamatan Diri Saat Mudik, Jangan Ceroboh
foto:net
rmol news logo Mabes Polri terus mengimbau agar masyarakat tidak mengendarai sepeda motor saat mudik nanti. Sebab jarak yang ditempuh sangat jauh.

Data kecelakaan lalu lintas Mabes Polri pada musim lebaran tahun 2013 lalu, mencatat sekitar 70 persen melibatkan motor. Sisanya, bus dan kendaraan roda empat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli mengatakan, sebetulnya sudah ada imbauan dari Polri bekerja sama dengan pemerintah agar masyarakat tidak mudik pakai motor. Apabila masyarakat tetap memaksa pakia motor, diharapkan menggunakan jasa pengiriman kereta api atau kapal laut yang disediakan secara gratis oleh pemerintah.

"Memang tempatnya terbatas,  tapi bisa dimanfaatkan ke tempat tujuan," kata Boy Rafli Amar di kantornya, Mabes Polri, Jakarta, Kamis (17/7).

Selain itu bagi pemudik motor diharapkan melakukan berbagai persiapan dalam konteks keselamatan berlalu lintas.

"Ada tiga siap. Rambu lantas, siap diri kondisi fisik kesehatan. Kalau letih jangan dipaksakan diri dan pastikan kendaraan dalam keadaan siap," jelasnya.

Menurut Boy, masyarakat harus ada itikad baik memperhatikan keselamatan dirinya dengan cara tidak ceroboh, tidak berkendaran motor lebih dari dua orang, dan tidak angkut barang berlebihan karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan kendaraan yang over penumpang.

"Kami ingin berupaya menurunkan angka kecelakaan lantas," tegasnya.

Kemudian untuk pengusaha bus serta angkutan umum, lanjut Boy, Polri juga mengingatkan harus disiapkan sebaik mungkin sebelum beroperasi demi keselamatan penumpang.

"Ini sangat ini sangat penting. Kita harap kurangi resiko," katanya.

Polri berharap masyarakat tiba dengan selamat, dan bisa terhindar dari kecelakaan.

"Jangan sampai 730 MD bertambah tapi harus ditekan, seperti 908 di 2012," imbuhnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA