Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Pemudik Motor Tiba di Jakarta dengan KM Dabonsolo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 16 April 2024, 18:14 WIB
Ribuan Pemudik Motor Tiba di Jakarta dengan KM Dabonsolo
Dok Foto/Net
rmol news logo Kapal KM Dobonsolo milik PT Pelni  (Persero) yang mengangkut pemudik gratis sepeda motor tiba di di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (16/4).

Sebanyak 2.423 peserta dan 1.008 unit sepeda motor mengikuti gelombang terakhir dari program yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan keberangkatan dari Semarang.

Kepala Kesekretariatan Pelni, Evan Eryanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat selama kegiatan mudik maupun arus balik ini.

"Kami mengapresiasi seluruh instansi dan lembaga yang terlibat, baik yang di Jakarta maupun Semarang, khususnya Kementerian Perhubungan RI yang kembali mempercayakan Pelni sebagai operator angkutan mudik gratis sepeda motor," ujar Evan.

Pada tahun ini, Kemenhub menugaskan Pelni untuk melakukan empat kali perjalanan pemudik sepeda motor, yang dibagi menjadi dua kali perjalanan pada arus mudik Jakarta-Semarang, dan dua kali perjalanan untuk arus balik Semarang-Jakarta.

"Total kami mengangkut 9.635 peserta untuk arus mudik dan arus balik, dengan total 4.106 unit sepeda motor. Alhamdulillah jumlah ini menunjukan antusias dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan program mudik gratis ini," jelas Evan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pelni menggunakan satu kapal penumpangnya, KM Dobonsolo untuk menjalankan penugasan angkutan pemudik sepeda motor. KM Dobonsolo merupakan kapal penumpang tipe 2000 buatan Jerman tahun 1992.

Kapal yang awalnya dapat menampung 2000 orang tersebut kini hanya dapat mengangkut 1000 orang setelah mendapatkan modifikasi atau perombakan di awal tahun 2000 agar dapat mengangkut penumpang sekaligus kontainer dan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Untuk pelayanan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024 ini, KM Dobonsolo dinakhodai Capt. Hery Setyadi dibantu kurang lebih 100 anak buah kapal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA